Kamis, 30 September 2010

Sejarah WHO

ORGANISASI KESEHATAN DUNIA
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah badan PBB yang mengkoordinasikan masalah-masalah kesehatan masyarakat internasional. Ini mengatur upaya-upaya internasional untuk memantau wabah penyakit menular, dan telah bekerja untuk memerangi wabah sindrom pernafasan akut parah flu babi dan AIDS.  WHO juga mendorong pengembangan dan distribusi vaksin, obat-obatan dan alat-alat untuk memerangi penyakit.
Fakta
  1.  Di seluruh dunia, isu-isu seperti kelaparan, tunawisma dan penyakit menjalankan merajalela.  Masalah ini terutama hadir di negara-negara Dunia Ketiga seperti Afrika, di mana orang tidak mampu menghidupi diri sendiri atau membawa perbaikan pada gaya hidup mereka.  Organisasi Kesehatan Dunia adalah badan khusus yang menangani masalah ini. Hal ini didukung dalam upayanya oleh lebih dari 190 negara.  Melalui WHO, dunia adalah menyajikan sebuah front bersatu dalam berjuang untuk kesehatan manusia.
Sejarah
  1.  Organisasi Kesehatan Dunia didirikan pada tahun 1948.  tujuannya adalah untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi kesehatan bagi semua orang.  Untuk itu, organisasi mempromosikan tindakan kesehatan masyarakat seperti air minum yang aman, sanitasi yang baik, imunisasi terhadap penyakit mungkin, pengurangan kelaparan dan pengendalian kelahiran.  Ini adalah hal yang WHO diwarisi dari pendahulunya, Organisasi Kesehatan Liga Bangsa-Bangsa.  Organisasi Kesehatan Dunia adalah salah satu badan PBB pertama dan satu kunci inisiatif.
Fungsi
  1.  Untuk mengatasi masalah seperti kelaparan, sanitasi dan penyakit, WHO adalah salah satu organisasi di dunia pengumpulan fakta. WHO tidak melakukan penelitian sendiri tetapi mendorong penelitian independen di arena biomedis dan kesehatan di seluruh dunia.  Organisasi ini bekerja dengan lebih dari 500 pusat bekerja sama internasional untuk mengumpulkan dan mempublikasikan penelitian ini.  WHO mengatur konferensi medis internasional dan mengkoordinasikan pertukaran peneliti dan tenaga medis yang melakukan perjalanan di seluruh dunia untuk mempromosikan tujuan organisasi.
Geografi dan Organisasi
  1. Organisasi Kesehatan Dunia fungsi di seluruh dunia.  rumah kantor organisasi itu di Jenewa, tetapi diwakili oleh lebih dari 190 negara, atau anggota.  Anggota-anggota PBB termasuk hampir semua negara, bersama dengan dua anggota non-PBB.  sidang umum organisasi itu bertemu sekali dalam setahun untuk menunjuk pemimpin dan mempertimbangkan kebijakan keuangan untuk tahun yang akan datang. WHO dibiayai oleh negara-negara anggotanya, donor swasta dan kemitraan sektor swasta.
Makna
  1.  Sepanjang sejarah, Organisasi Kesehatan Dunia telah bekerja melawan penyakit menular dan berbahaya.  Organisasi menghabiskan lebih dari dua dekade melawan cacar sendiri. In 1980menyatakan bahwa penyakit ini telah dieliminasi.  Ini adalah penyakit pertama berakhir dengan upaya umat manusia.  WHO kini bekerja untuk menanggulangi penyakit tambahan, seperti polio dan influenza, dan telah mengalihkan perhatian pada penghapusan seluruh dunia HIV dan AIDS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar